Minggu, Desember 29, 2013

Titik Rindu


Sejenak di titik rindu

Berlari menembus garis lelahku.
Bertemu dengan pesonanya, Ibu
Ingin sekali menyandarkan keluh.

Bandung, 18 November 2013


Sumber gambar :
http://s1.1zoom.net/big3/905/Vase_Window_437048.jpg

Kamis, Desember 26, 2013

Mengatur Nada Dering Email di Leptop / PC Menggunakan Microsoft Office Outlook

(Gambar 1)
Hey, let me tell you something. Akhirnya, selepas berguru pada pak cik gugel, berhasillah kita menemukan cara memasang nada dering saat menerima e-mail masuk di leptop. Hmm, selama ini saya pikir nada dering (alert tone) saat menerima email seperti itu cuma settingan film-film korea / jepang biar terkesan lucu atau canggih. Tapi rupanya kita pun bisa menggunakannya. Nada itu memudahkan mereka yang memiliki akses online 24 jam, dan tidak ingin repot-repot merefresh email untuk sekedar melihat pesana baru...

Kunanti di Seminar


Kemana dia?
Kucari di seminar kemarin, tapi tak ada.
Kupikir akan melihatnya untuk ketiga kalinya
Seperti saat kutemukan dia di dua seminar sebelumnya
Ruang yang sama...
Tanpa rencana...

Kamis, Desember 19, 2013

Hadiah Akhir Tahun

Yey...alhamdulillah, dapat hadiah di akhir tahun 2013. Beberapa waktu lalu saya iseng-iseng ikutan giveaway milik Crafty Patty. Eh, taunya terpilih oleh random.org sebagai salah satu pemenang. Trimakasih juga buat sobat Rinchu, karena melalui postingan giveaway di blognya saya bisa ikut GA ini. Well, this is it, Pouch Rajut Serbaguna presented by Crafty Patty.

Jumat, Desember 06, 2013

Contreng Mimpi Ke 24 : Memegang Ujung Pelangi

Bismillaahirrahmaanirrahiim...

“Bermimpilah ! Memeluk bulan sekalipun. Bermimpilah ! Karena mimpi adalah cermin kehidupan. Bermimpi adalah awal sesuatu untuk menjadi nyata. Takkan ada yang menyalahkanmu karena mimpi. Tak pernah ada yang salah juga dari sebuah mimpi. Bermimpilah, dengan sempurna, lalu ubahlah menjadi kenyataan!” – Oki Setiana Dewi

Begitulah kutipan dalam novel 'Sejuta Pelangi' karya Oki Setiana Dewi. Ya, tulisanku kali ini menceritakan tentang The Power of the Dreams. Apa? Celine Dion ? Oh, bukan. Ini bukan tentang mereview lagu mak cik Celine Dion. Tapi ini tentang kisahku. Kisah yang berawal dari sebuah mimpi.

Baiklah, sebenarnya kali ini aku ingin memberitahumu sebuah rahasia. Ya. Rahasia yang ibu dan ayahku pun tak mengetahuinya. Rahasia yang menjadi benang merah antara aku dan hidupku. Rahasia itu adalah "daftar mimpi". Apa ? Tak menarik ? Hehe, tak mengapa kalau kamu menganggapnya tak menarik. Tapi kukatakan saja, bahwa ini adalah salah satu resep rahasia terwujudnya semua mimpi-mimpi itu, yaitu dengan menulisnya. Tak percaya ? Coba saja sendiri, dan rasakan keajaiban itu.

Sebenarnya aku menargetkan 100 mimpi untuk kutuliskan di dalamnya, tapi sampai detik ini daftar itu belum juga genap 100. Ternyata menulis mimpi tak semudah yang kubayangkan. Masya Allah, menulis mimpi saja susah, apalagi mewujudkannya ya. Ah, tak mengapa. Teruskan saja bermimpi selagi gratis.

Nah, kali ini mimpi ke-24 "Memegang Ujung Pelangi" siap untuk dicontreng. Ah, senang rasanya. Aku tidak pernah terpikir bagaimana caranya agar bisa memegang ujung pelangi. Memegang pelangi saja tidak terpikir, apalagi ujungnya. Yang aku tahu adalah "tuliskan". Adapun caranya, itu bukan wilayahku. Biarkan Allah Sang Maha Tahu yang menyusun ceritanya.

Jumat, November 15, 2013

Untukmu yang Menginspirasi

Bismillaahirrahmaanirrahiim...

Kau mungkin tak pernah tahu. Seberapa besar aku cemburu padamu. Pada mimpi-mimpimu yang terus kau perjuangkan dengan gagah. Pada jalan hidup yang kau pilih dengan bangga. Pada karya-karya yang kau tulis dengan tutur istimewa.

Kau mungkin juga tak pernah menyangka. Aku menyimpan tulisan-tulisanmu. Menjadi penikmat status-statusmu. Memperhatikan tutur katamu. Hanya untuk bisa belajar darimu.

Ya. Aku selalu mencoba mengambil sesuatu yang baik darimu. Tapi, setiap kali aku mencoba. Setiap kali itu pula aku sadar. Aku tak bisa menyamaimu. Kau membuat sepotong hatiku jatuh cinta pada menulis. Meski itu hanya sepotong, tak utuh. Candamu gurih, tak lebih, tak kurang. Pas. Petuahmu menyiangi nurani.

Memang kita belum pernah bertemu. Aku tak tahu karakter aslimu. Atau pun sisi kekuranganmu. Tapi aku tak tertarik dengan itu. Karena kelemahan selalu punya ruang bagi kita, manusia. Jadi, biarkan aku dan kekagumanku. Dan kau dengan sosok inspiratifmu.

Bandung, 15 November 2013
Sabtu 22.38 WIB
(dalam lantunan Ashita Hareru Kana yang terus berulang)

Sumber gambar :
https://w-dog.net/wallpapers/13/13/425847236369064/book-cup-coffee-glasses-bouquet-flowers-book-cup-coffee-glasses-bouquet-flower.jpg

Minggu, November 10, 2013

Kanji




Sejumlah garis menyusun makna
Pena terbata-bata menulisnya
Menafsirkan pun tak semudah mengukirnya
Hingga mata enggan melirik garis-garisnya

Aih, apalah daya jua
Ini tugas dari dosen kita
Meski pening mendarat di kepala
Mahasiswa giat haruslah bisa

頑張りましょう。。。


Senin, November 04, 2013

Yang Digunakan Allah untuk Pendewasaanmu

 
Bismillaahirrahmaanirrahiim...


Sebagai manusia kita tentu pernah mengeluh semisal, “saya tidak tahan dengan cemooh orang itu”, “mengapa harus saya yang dijadikan bahan cemooh?”, “mengapa Tuhan memberikanku cobaan seberat ini?” atau keluhan lain yang serupa dengan itu. Ya, benar. Sangatlah manusiawi memang. Ketika masalah datang menghampiri. Ketika hati merasa terzalimi. Nafsu menggoda untuk berpaling dari sabar. Hingga sedih berlarut-larut. Maka disitu akan kita dapati iman tengah melemah.

Kobaran benci menyulut emosi. Menyebarluaskan kejelekan-kejelakan dan mendoakan sesuatu yang tak baik bagi orang yang membebani kita. Astaghfirullah. Begitulah hati yang sedang tertutup amarah. Tak ada cahaya.
Sungguh bukan matamu yang buta, tapi hati di dalam dada (QS. Al Hajj : 46)
Tengoklah jiwa-jiwa pejuang. Mereka tidak berbuat begitu. Mereka para pejuang, memandang orang-orang yang menyakiti hatinya, menguji kesabarannya, adalah orang-orang yang dipinjam Allah sebagai proses pendewasaan dan pematangan bagi kesempurnaan pribadinya

Minggu, Oktober 27, 2013

Guru yang Menyentuh Hati


Bismillaahirrahmaanirrahiim...
Semua guru adalah guru Bahasa Indonesia dan guru Agama”.
(Dr. H. Andoyo Sastromihardjo, M.Pd)
Hey, kini aku punya dosen yang paling aku suka. Setidaknya untuk saat ini. Kenapa untuk saat ini ? Karena beliau baru mengajar kami 3 hari, itupun pada masa orientasi kampus. Tiga kali mungkin terlalu cepat untuk menyimpulkan sesuatu. Tapi yang jelas aku suka. Itu saja. Bertemu beliau membuatku ingin beralih ke Jurusan Bahasa Indonesia. Tidak hanya aku, tapi temanku yang lain juga berpikir sama.

Namanya pak Andoyo Sastromihardjo. Ia dosen Bahasa Indonesia. Saat itu ia mengajarkan kami Academic Writing pada masa orientasi kampus. Kenapa aku suka? Karena cara beliau yang sangat bijak dalam mengajar. Bahasanya santun, menghargai setiap pendapat siswanya, dan sesekali menghubungkan materi dengan pendidikan agama. Hati dan logika kami pun mudah menerima penjelasannya. Ah, ini baru namanya Pendidikan Berkarakter, pikirku. Mengikuti kuliahnya, selalu ada kesadaran baru yang terbangun.

Kamis, Oktober 24, 2013

Bijak dalam Menilai


Bismillaahirraahmaanirrahiim...

Pagi itu dari balik pintu, terlihat sosok lelaki paruh baya mendekati kelas kami. Tubuhnya tinggi, beberapa helai rambutnya sudah memutih, dan mengenakan jas merah yang warnanya sudah agak pudar menurutku. Kelas kami seketika menjadi tenang.

Maklum, ini adalah kali pertama kami bertemu beliau, dosen mata kuliah Metodologi Penelitian. Tentunya kami harus memberikan kesan perkenalan yang manis. Paling tidak menghargai keberadaannya saat memasuki kelas. Setelah meletakkan ransel hitamnya, ia pun memperkenalkan diri. 

“Sudah ada yang kenal saya ?”, katanya.
“Sudaaahh”, jawab kami serempak.

Padahal kami cuma sekedar tahu nama bapak dari lembar absensi. Beliau tersenyum, lalu menuliskan namanya di papan tulis. A. Chaedar Alwasilah namanya. Alwasilah ? Kok, rasanya saya tidak asing mendengar namanya. Sepertinya saya pernah membaca buku beliau, atau mungkin hanya sekedar melihat namanya di daftar pustaka sebuah buku ? Hmm, entahlah.

“Untuk pertemuan pertama ini terlebih dulu saya ingin memberikan survey kecil-kecilan”, kata pak Chaedar. “Begini. Kalian sedang membaca sebuah buku, terserah apakah itu buku berbahasa Jepang atau Indonesia. Lalu, kalian tidak mengerti maksud dari teks yang ada di buku itu. Nah, kira-kira mengapa kalian tidak mengerti ? Tulis di kertas kalian, misalnya [Saya tidak mengerti karena .............], lanjut beliau.

Senin, September 16, 2013

Kapan Hari Lahirmu dalam Kalender Hijriyah ?

Awalnya karena penasaran saja, kira-kira kapan yah hari lahirku dalam kalender hijriyah. Nah setelah googling, akhirnya dapat link ini.

Check this link out : 
Teman-teman tinggal pasang tanggal lahirnya di "Gregorian Calender", lalu klik "Gregorian to Hijri Date". Nah dibawahnya akan muncul deh kapan hari lahir kamu dalam kalender hijriyah, mudah bukan ? :)

Tanggal lahirku menurut penanggalan hijriyah adalah :
2 Dzulqa'idah 1409
Kamu berapa ? : )

Rabu, Agustus 07, 2013

Malam Lebaran 1434 H


Alam semesta menjadi gegap gempita
Menyambut datangnya hari yang bahagia
Seruan takbir berkumandang di setiap sudut kota
Baju dan mukenah terbaik pun sedia

Namun ada hati yang pilu
Dengan ramadhan masih lah rindu
Hingga doa terucap syahdu
Semoga ramadhan selanjutnya masih bertemu

Rabu, Juli 24, 2013

Bubuk Abate Meresahkan Mahasiswa Baru

(Gambar 1)
Bismillaahirrahmaanirrahiim...

Di suatu siang, saya kedatangan 2 orang yang tak kukenal. Saat itu saya sedang tidur. Namun, mendengar ada yang mengetuk pintu, saya pun terbangun. Ternyata ada perempuan berjilbab biru di depan pintu kosan. Saya juga baru menyadari kalau saya tidak mengunci pintu selama saya tidur. Haduh Nis, kebiasaan buruk sejak kuliah S1mu ini masih belum saja hilang.
Mba X   : *tok-tok-tok, permisi...
Saya      : iya ? *menjawab dengan muka ngantuk
Mba X   : semester berapa yang tinggal disini?
Saya      : hmm...semester 2
Mba X   : oh, kuliah dimanaki?
Saya      : bukan saya yang tinggal disini, tapi adik saya.
Mba X   : oh kalo qta' semester berapa?
Saya      : saya sudah selesai
Mba X   : kuliah dimanaki dulu?
Saya      : di Unhas
Mba X   : terus adikta mana?
Saya      : lagi di kampung
Mba X  : oh, ini kami mau mendata yang angkatan 2012, qta' mi saja yang wakili dih *melangkah masuk ke kamar
Saya     : oh, iya...

Sabtu, Juli 06, 2013

Mengatur Jarak Kanan-Kiri pada Tab Navigasi


Fiuh, setelah pencarianku yang gagal pada om google. Lalu memutuskan untuk mencari sendiri pada kode html, dan mencoba 1001 try and error (ah, lebay), ketemu juga kode untuk mengatur jarak kanan-kiri pada tab navigasi. Postingan ini sebagai pengingat saya, biar besok-besok kalau gonta ganti template gak bingung lagi nyari letak kodenya. Yang sudah tahu, monggo dilewatkan saja.

Perlu diketahui, kode ini untuk template bawaan blogger.
Langsung saja, masuk ke edit HTML anda dan temukan kode yang mirip seperti berikut :

.tabs-inner .widget li a {

display: inline-block;
padding: .6em 1em;


Jumat, Mei 17, 2013

Bandung, Sampai Nanti (semoga)

(Gambar 1)
Bismillah...

Hari ini pun packing...
Detik-detik meninggalkan Kota Kembang
Selama kurang lebih 4 minggu disini
Alhamdulillah banyak cerita yang tertulis

Sayangnya...
Kakiku belum menginjak Tangkuban Perahu
Belum mencoba Serabi Setia Budi
Belum liat Trans Studio Bandung
Belum ini, belum itu...


Selasa, Mei 07, 2013

Suara

Sesuatu yang tak terlihat mampu ia rasa
Sesuatu yang tak terucap mampu ia dengar
Dan itu cukup membuatku berkata,
Aku Tahu...

***
Langit mendung Kota Bandung
Selasa, 7 Mei 2013


Sumber gambar : http://4.bp.blogspot.com/_W14IfqI-PoM/TKmvVvfWh3I/AAAAAAAAAB0/TaM6tceTf04/s1600/someone.jpg

Sabtu, April 27, 2013

Akhirna Sumping ka Bandung Oge


Bismillaahirrahmaanirrahiim...
Mohon dibetulkan jika penulisan judul diatas kurang tepat : )

Beberapa hari ini telingaku dipenuhi dengan bahasa sunda. Entah di jalan, pasar, sekolah, bahkan di rumah. Ya, aku berada di bandung sejak tanggal 23 April 2013 lalu. Kota yang entah kenapa sangat ingin kudatangi sejak lama. Bahkan mungkin sebelum Sule terkenal di Opera Van Java. Satu hal yang membuatku tertarik adalah bahasa sundanya. Hmm, mungkin karena sering mendengarnya lewat televisi, baik itu di sinetron atau ftv. 

Dulu aku beranggapan bahasa sunda sangat halus. Tapi sepertinya itu keliru. Kata tanteku, bahasa Jawa Tengah lebih halus lagi. Semarah-marahnya orang jawa, mungkin masih terdengar halus bagi urang sunda, terlebih lagi ditelinga kami yang terlahir di Sulawesi yang notabene bahasanya lebih tegas. Tapi entah kenapa, irama bahasa sunda lebih aku sukai daripada jawa.


Senin, Maret 04, 2013

Show Up Your Mind



Kau tak bisa selalu terlihat baik oleh semua manusia
Sebab beberapa dari mereka punya cara pandang yang berbeda
Seribu manusia seribu kepala
Yang kembar pun tak sepenuhnya sama

Lalu mengapa masih menyembunyikan hak bersuara?
Sekalipun ada yang menganggap itu salah
Tunjukkan dengan jelas apa pendapatmu
Tunjukkan dengan jelas apa perasaanmu


Selasa, Februari 26, 2013

Aku, Kau, dan Kita

Bismillaahirrahmaanirrahiim...

Ini adalah garis persimpangan
Antara aku kau dan kita
Di sebelah kirimu terbentang jalan yang lapang dan lurus
Di sebelah kananku ada jalan yang sempit dan berkelok
Di depan kita ada lorong gelap yang entah dimana ia berujung
Sedang dibelakang ada jejak kaki kita berdua

Jalan manakah yang hendak kau pilih ? tanyaku.
Kau menoleh ke arahku, memperhatikan baik2 wajahku
Aku menunggu dengan hati berdebar
Takut aku akan meneruskan perjalanan ini sendiri
Karena sebenarnya, aku juga tak tahu jalan mana yang terbaik


Kamis, Februari 21, 2013

Kacamata & Intelektualitas

Bismillaahirrahmaanirrahiim...

"Nis, bangun nis, bangun. Ini kacamatamu !"
Sore itu saat sedang tidur, sayup-sayup terdengar suara Ibu membangunkanku. Karena penasaran ingin melihat kacamata baru itu, aku pun membuka mata dan menoleh ke arah ibu yang berdiri di sampingku sambil menyodorkan kotak kacamata berwarna hijau muda. Wah, sudah jadi rupanya. Aku pun beranjak bangun.

Beberapa waktu lalu, saya memang mengeluhkan mataku yang kadang-kadang kabur, kadang-kadang jelas. Firasatku bilang kalau mataku ini pasti sudah minus saking seringnya di depan leptop setiap hari. Karena itulah ibu mengajakku ke optik untuk memastikan apakah mataku minus atau tidak.

Ukur punya ukur, ganti lensa ini itu, baca huruf ini itu, alhasil ternyata memang tidak minus. Ah, padahal sudah sejak lama aku ingin pakai kacamata. Kata orang sih kesannya lebih intelek, hohoho..


Jumat, Februari 15, 2013

Superio's Mom 1st Giveaway

Bismillah..

Kali ini saya kembali ingin mengikuti giveaway. Setelah kawan saya Hima Rain memberikan beberapa tawaran giveaway untuk saya ikuti, maka giveaway inilah yang beruntung bisa menjadi pilihanku. Bukan karena giveaway yang lain hadiahnya tidak menarik. Tapi karena saya sedang kehabisan ide untuk mengikuti giveaway yang harus 'mengarang' membuat tulisan :(

Nah, giveaway siapakah yang beruntung itu ? :D
Jeng...jeeng ! Ini dia...

Minggu, Februari 03, 2013

Iri Tapi Sayang

Semakin iri engkau dengan temanmu
Semakin engkau doakanlahh kebaikan untuknya
Agar bertambah rasa sayangmu padanya
Dan agar iblis tidak tertawa atas bisikannya yang bisa mebuat hatimu berpenyakit
Lalu malaikat bisa mengaminkan doa yang sama untukmu...


Sumber gambar :
https://c2.staticflickr.com/8/7227/7405008776_4a32133257_b.jpg

Rabu, Januari 30, 2013

Semua Kisah Tentang Kita

Selasa siang...
Kembali bertemu dengan kalian.
Empat orang sahabat Kelompok 1
Ini acara reuni kita di awal tahun 2013

Saling melepas rindu satu sama lain
Bertukar cerita mulai karir hingga cinta.
Sambil menikmati Bubur Manado

Si pecinta merah Insya Allah akan menikah bulan 3
Si rengking 1 sedang bersemi dengan cinta barunya
Si rambut panjang rencananya akan dikhitbah bulan 2
Si arab berceloteh tentang cinta lokasinya di Bali
Dan saya ?
Hmm, sibuk mendengarkah kisah kalian sambil cengar-cengir