Kamis, Juni 16, 2011

Keripik Keju

Gambar 1

Beberapa minggu yang lalu tante ku datang bersilaturrahmi ke rumah kami. Ia sedang latihan berjalan kaki untuk persiapan haji. Jarak rumah kami berdua sangat jauh. Karena itu saya mengacungi nya jempol karena masih kuat berjalan kaki dengan umurnya yang sudah cukup matang. Saat bincang-bincang, tante mengatakan bahwa dia memiliki resep yang baru ia dapatkan, yaitu resep membuat Keripik Keju. Alatnya juga tidak tanggung-tanggung, didatangkan dari Malaysia (katanya). Nah, pengen tau apa saja bahan dan bagaimana cara membuatnya ? Ini saya bagikan untuk pembaca sekalian



Alat :
- Mixer
- Pencetak adonan keripik

Macam-macam bentuk pencetak adonan :




Bahan :
- Telur ayam ras 9 butir
- Keju 1 batang
- Gula pasir 2 cangkir
- Minyak goreng 2 liter
- Royco 5 bungkus
- Air 2 cangkir
- Tepung beras ketan 3 bungkus

Cara membuat :
1. Keju di potong menjadi tiga bagian, masukkan air sebanyak 2 cangkir, lalu mixer.
2. Telur dan gula di kocok setengah res (tidak terlalu halus).
3. Masukkan royco dan tepung beras ketan ke dalam kocokan telur dan gula tadi.
3. Masukkan pula keju yang telah di mixer
4. Remas dengan tangan, hingga adonan tercampur rata
5. Panaskan minyak pada wajan
6. Masukkan adonan ke dalam alat cetakan, putar di atas wajan, dan goreng hingga kekuningan.
7. Angkat dan tiriskan

Kini keripik keju telah siap disantap. Enak dan Gurih lho : )

Nah, 1 resep ini hasilnya sekitar 3 kaleng Khong Guan, buanyaaaaaak banget. Yah maklum, keluarga kami sangat antusias dengan yang namanya kue atau cemilan, jadi kalau hanya sedikit, tidak bertahan lama, hehe..

Baiklah. Selamat mencoba.

Sumber gambar 1 :
https://www.wedontwaste.org/wp-content/uploads/2014/09/wdw-logo-icon-color-whitebg.jpg

12 komentar:

  1. kayak enak..tp tepung ketan itu yang bagemana???

    BalasHapus
  2. oh iya lupa, tepung beras ketan maksudnya tepung rose brand ^^

    banyak skali jadinya bah, tapi di rmhku cuma 5 hari habis mi, wkwkwk...

    BalasHapus
  3. Aduh jeng, Ya iyalah rasa keju ^^
    Tapi di atas itu cuma resep dasar. Bahannya bisa di tambah, atau dikurangi, sesuai selera.
    Kalo sy msh kurang rasa kejunya ¬˛¬"

    BalasHapus
  4. Ada resep lain gak kak ros?
    mau dunks? bisa di share disini atau di facelim jg boleh :)

    BalasHapus
  5. @Yota Mutia : Belum ada resep lagi nih mba ^^ ntar klo ada yg enak dan mudah, kapan2 deh diposting lagi tp ga janji, takut lupa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih mba resepx.... aq dah lma nyari tp belm ktemu. akhirnx dpat resep dr mba....
      qq akan coba.....

      Hapus
    2. sama2 mba titi...smoga berhasil kripik kejunya ya ^^

      Hapus
    3. Ihh ({}):* ♏α᪪ªªκαçϊϊϊн....¨;;) banyak mbak resepx.. Uda cape aku nyari resepx akhirx ketemu juga.. Ins. Allah besok aku mau langsung bikin hehe

      Hapus
  6. kayaknya nyaman...??? klo boleh tau, guna keju brp gram, sebab di t4 sy banyak ukuran keju batangan, trus tepung beras ketan rose brand 3 bungkus, yang brp gram. maaf klo banyak nanya. maaf sebelumnya, sy org bugisji juga tp skrg di malaysia n moe coba resipi qt, boleh kan ???

    BalasHapus
  7. Kalo ga punya alat kayak gitu, gimana mba?

    BalasHapus
  8. Makasih sharing resepnya sista.. kami jadi pada bikin dan berhasil, enak banget nih. bisa langsung coba ah.

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan jejak ya
Trimakasih...