Sabtu, Januari 28, 2012

Penggunaan Pola ~た/だっけ (~ta / da kke) ?

Kadang di film ataupun mendengar langsung orang Jepang berbicara menggunakan pola ~た(だ)っけ di belakang kalimat saya suka bertanya-tanya, itu maksudnya apa sih ?

Apa itu bahasa gaul / bahasa anak muda ? Ah, masa iya. Kalau bahasa gaul, kok sensei saya yang berumur cukup tua juga pake pola itu ? Hmm, karena sudah terlanjur penasaran saya coba nyari di kamus dan konsul ke Mr. Gugel.


Well, setelah mendapat beberapa referensi, saya menyimpulkan seperti ini :
1. Si pembicara ingin menegaskan kepastian / mengkonfirmasi hal yang telah lampau kepada lawan bicaranya.
2. Si pembicara menanyakan hal yang telah ia ketahui sebelumnya, yang saat itu ia lupa.

Contoh kalimat :

1. 何だっけ
Nandakke ?
Tadi apa ya ?

2. そうだっけ
Sou dakke.
Oh iya yah !

3. あなたは京都生まれとおっしゃいましたっけ
Anata wa Kyoto umare to osshaimashitakke ?
Tadi kamu bilang kamu lahir di Kyoto ya ?

4. A : 英語の試験は5番教室だっけ
        Eigo no shiken wa go ban kyoushitsu dakke.
        Ujian bahasa inggris di ruang kelas nomor 5.

    B : 8番じゃない?
        Hachi ban jyanai ?
        Bukannya nomor 8 ya ?

5. 学校まで2キロは毎日歩いたっけね。
Gakkou made ni kiro wa mainichi aruitakke ne.
Biasanya kita jalan kaki 2 kilo ke sekolah, kan.

Jadi, intinya pola ~た/だっけ selalu membicarakan hal yang telah lampau.

Photobucket

30 komentar:

  1. hooooo darimana asalnya itu nis...saya sering dengar kuroda sensei bilang begitu dakke2...dakke makanan toh hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal apanya jeng ? yang jelas bukan berasal dari palopo :D
      makanan apa itu dakke ? dange ji yg z tau, hehe...

      Hapus
  2. hahahaha itumi..

    asal katanya nis..kke itu darimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya sdh dari sananya begitu jeng :D

      Hapus
  3. ga bisa baca tulisan jepaaang :(( :((
    ajariiiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa sih ? Sy kira kaito bisa baca hiragana..

      Boleh klo mw diajarin, 1 huruf 100rb yah :D

      Hapus
  4. klo "nandakke" dalam bahasa jawa ntu artinya menandakan... hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya ?? beda negara beda pula artinya :)

      Hapus
    2. iya si mbak. . . wah jadi bisa belajar bahasa jepang nih. . .

      Hapus
  5. bisa bahasa cina nak aku mah bahasa jowo

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe ini bhs jepang, bukan cina lho ^^

      Hapus
  6. oh, itu tulisan yang sering keluar kalo nonton kartun, gak ngerti sih artinya, tapi tetep aja idem, hehe ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaa, dirimu kan penggemar kartun kan yah, hehe...

      Hapus
    2. yep, kaya di chibi maruko-chan ya disini suasana nya :D

      Hapus
    3. maruko chan ?? ah masa iya...hehe :D

      Hapus
  7. dulu aku sekolah sma belajar bahasa jepang,rasanya mau cabut pas jam pelajaran itu soalnya aku paling kagak bisa bahasa jepang
    biasa'a cuma bahasa jowo,betawi,indonesia aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa andy, bahasa Jepang susah ya ?
      Atau mungkin gurunya yang membosankan ? :)

      Hapus
  8. keren deh~
    aku masih amburadul ilmu jepangnya
    ahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehee...
      yaaa, masing2 punya keahlian,
      mungkin qta bisa bhs arab ^^

      Hapus
  9. Pengen rasanya blajar bahasa jepang lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooh pernah ya belajar bahasa Jepang ? brarti sdh ada dasar dong ^^

      Hapus
    2. ya dulu. B jepang ma korea

      Hapus
  10. waaaaaaaahhhhhhhhhhh........... blognya jepang bangeeett... cantikk...
    dulu aku pernha ikut kursus bahsa jepang.. cuma beberapa kali pertemuan doang, terus ngilang. soalnya gurunya nggak asyik.. skrg pgn kursus lagi udh sibuk (sok) btw kamu kursus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, jadi tertantang nih, spy bisa jadi pengajar bhs jpg yang menyenangkan, ada saran gak ? hehe.. :D
      Kebetulan sy alumni sastra Jepang, jadi mau gak mau, tau sdikit ttg bhs jpg :D

      Hapus
  11. halo saudariku ^^ kunjungan pertamaku juga nih hehe
    wahh ternyata alumni sastra jepang toh... pantes blog jepang banget^^
    nice,
    bisa share soal jejepangan nih hehhe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai..hai...erikan, slamat datang di blog ku ini ya, sring2lah berkunjung kesini, hehe...

      Hapus
    2. iya saya main-main kesini ^^, main jga yah ket4 sy kalo ada tulisan baru heheh...^^

      Hapus
  12. berkunjung sobat :D berbagi comment :) comment back me .

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan jejak ya
Trimakasih...