Jumat, November 18, 2016

Font Jepang, Free !

Saat itu saya sedang menyusun soal Ujian Tengah Semester untuk mata kuliah Bahasa Asing. Ketika membuka buku referensi seperti "Marugoto A1" dan "Minna No Nihongo Shokyuu 1", saya melihat font yang digunakan pada kedua buku tersebut berbeda dengan font default dari Microsoft. Font pada kedua buku itu lebih mudah dibaca oleh pembelajar pemula, karena huruf seperti さ (Sa), き (Ki), り (Ri) penulisan 'ekornya' tidak bersambung.

Font default yang disediakan oleh Microsoft untuk huruf jepang ialah :
1. MS Gothic
2. MS Mincho


Bentuknya seperti ini :



Bagi yang mengenal huruf hiragana, pasti mengerti "ekor" mana yang saya maksud, hehe. Akhirnya, karena penasaran dengan jenis font yang digunakan oleh buku tadi, maka saya pun bertanya pada teman-teman dan juga paman Google tentunya. Alhamdulillah, teman saya memberi tahu bahwa font yang biasa digunakan dalam buku pelajaran adalah "Kyokashotai". Beruntung sekali salah seorang teman memiliki file fontnya, dan bersedia mengirimkannya via email. Terimakasih untuk mba Iin : )

Dan ternyata, mba Iin tidak hanya mengirimkan font Kyokashotai saja, tapi beberapa font lainnya. Berikut tampilan fontnya :


Font yang saya cari adalah font nomor (2) HG Kyokashotai. Teman-teman bisa membandingkan antara font HG Kyokashotai dan MS Mincho / MS Gothic. Pada font MG Kyokashotai huruf さ、き、り "ekornya" dipisah. Have you seen it ? :D

Baiklah, berikut link download 4 font di atas sekaligus :


1 komentar:

  1. Link download fontnya ga bisa kak. Bisa kirim ke e mail saya, ngomongjapan@gmail.com

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan jejak ya
Trimakasih...