Minggu, Maret 13, 2011

Wawancara Singkat Dengan Radio Al-Ikhwan

Kemarin (12 Maret 2011) sekitar pukul 8 pagi, sebuah sms membangunkan aku dari tidur yang lelap. Hape ku berbunyi, dan kuliat nama yang tertulis di layar : "K Abdan".
Ouch, tumben2an penyiar Radio Al-Ikhwan ini sms. Hmm...Apa gerangan yang ingin dia tanyakan yah.



Ku buka pesannya.
K'Abdan : "Assalaamu'alaykum"
Ninis : “Wa'alaykumussalam. Eh kak abdan, apa kabar ?"
K'Abdan : “Alhamdulillah kabar baik. Saya liad ada gempa dan tsunami di jepang. Sy langsung teringat dengan kt.”
Ninis : Iye kak, saya juga kaget waktu dengar i. Tapi saya dulu di Osaka, jauh dari lokasi bencana.”
K'Abdan : Alhamdulillah kalo gitu. Nanti di pojok gaul saya mau bahasa sdikit tentang bencana di Jepang. Sy mau telpon ki untuk tau gimana suasana, penduduk, dan budaya disana. Bisa gak ? Bisa yah !”
Hah?? Ya ampuuunn, gimana dong nih, sy kan gak biasa nelpon di radio. Takut logat makassarnya keluar, hehe..
Bahkan kalo saya mau pesan lagu, dan ikut pembahasan cuma lewat sms, itupun mikirnya lama, buat nyari kata2 yang pas.
Cukup lama saya membalas sms ini. Lalu saya minta pendapat ke ibu. Ibuku bilang, terima saja tawarannya, kan tinggal sharing pengalaman berdasarkan apa yang kamu lihat selama disana. Masa kamu sudah takut duluan sih, kata ibu. Tapi karena saya masih ragu, jadi saya balas seperti ini :

Ninis : Beeeeeugh...malu2 ka kak !!
K'Abdan : Lha, kok malu. Tapi kalo ndak bisaki, ndak papaji, hehe...

Nah, saya lalu berpikir, sayang juga kalo ajakan ini saya tolak. Hitung2 nyari pengalaman gitu kan. Jadi, dengan memaksa diri, sy terimalah ajakan itu.

Ninis : Hmm...iye pale kak, bisa dicoba. Sy buat catatan dulu nah, hahaha. Jam brapaki mau nelpon
K'Abdan : Di atas jam 10, key !

Sms-an kamipun berakhir. Sambil menunggu jam 10, saya terus khawatir, apa yang mau mi saya bilang nanti kasyan T__T Saking cemasnya saat itu, saya sempat mual -_-" Huff...baiklah...tenang...tenang nis...Berusaha menenangkan diri sendiri, tapi tetap saja tidak bisa. Perasaan dumba'2 itu masih tetap ada...

Akhirnya jam 10 pun tiba, dan acara Pojok Gaul di Al Ikhwan 101.9 FM pun di mulai. Suara K'Abdan terdengar olehku menyapa para pendengarnya. Dia memaparkan sedikit mengenai tema hari itu kurang lebih membahas tentang "Hikmah dibalik Bencana".

Saya semakin deg-degan, gelisah bercampur penasaran -_-" Terlintas sebuah ide untuk merekam percakapan saya di radio nanti. Lumayan, skalian kenang2an, hehe...Saya lalu meminjam hape ibu, dan mengatakan padanya agar menekan tombol merah untuk memulai merekam. Saya pun keluar kamar dan menunggu di luar teras pondokan, karena kalau saya berada di dalam kamar yang dekat dengan radio, maka suara saya dan k'Abdan bisa berpantulan.

Huff...lama saya menunggu di luar, cuaca di luar yang panas, ditambah rasa cemas yang berlebihan, membuatku keringatan, ckckck...
Eh, tiba-tiba hape ku berbunyi, ups telepon dari K'Abdan !! Saya pun menjawabnya.
K'Abdan : Assalaamu'alaykum. Dengar Al Ikhwan kan ?
Ninis : Iye, wuih kak dumba2 ka !
K' Abdan : Ih kenapa na dumba'. Ndak ji. Saya tanya yang mudah2 ji.
Ninis : Kasi paeng dulu bocoran pertanyaannya ? :D
K'Abdan : Hehe...palingan pertanyaan kayak kapan pulang dari Jepang, kayak gitu2 ji.
Ninis : Ooo..iye pale kak jangki yang susah2
K'Abdan : Ndak ji. Ok paeng nah, bentar lagi ditelpon. Assalaamu'alaykum..
Ninis : Iye, wa'alaykumussalam...

Yah...kembali saya harus menunggu dalam kecemasan -_-"
Mencoba menenangkan detak jantung, menarik nafas panjang...dan hempaskan...
Ok, sudah agak mendingan...

Lalu hape ku kembali berdering, ku lihat nomor yang tertera, nomor tak dikenal, hmm...mungkin ini nomornya Al Ikhwan. Baiklah tanpa pikir panjang, langsung saja ku angkat. Ada suara seorang wanita yang menyapa disana.

Wanita : Halo, Ninis ?
Ninis : Iya...
Wanita : Ini dari Al Ikhwan, jangan ditutup yah telfonnya.
Ninis : Oh iya...iya...

Dari balik telefon ku dengar suara kak Abdan yang kembali menyapa pendengarnya, dia mengatakan bahwa akan terhubung dengan salah satu mahasiswa yang baru kembali dari Jepang. Hayaaahh...perasaan ku kembali bercampur aduk !!

Ku dengar suara K'Abdan menyapaku. Dan percakapan pun dimulai !
K'Abdan : Assalaamu'alaykum...
Ninis : Ya Halo, Assalaamu'alaykum (Ini harusnya sy jawab Wa'alaykumussalam yah, hahaha)
K'Abdan : Wa'alaykumussalam...Ya...Dengan siapa ini ??
Ninis : (Sambil tersenyum) dengan Ninis di Pondok Unhas ^^
K' Abdan : Yah...sebelumnya saya sudah kenal dengan Ninis, juga sudah melihat foto2nya di facebook. Foto-foto kegiatannya saat jalan2 di Jepang. Sebelumnya mau nanya ini, Ninis kuliahnya dimana ?
Ninis : (Karena tidak begitu jelas) Kenapa ?
K'Abdan : Kuliahnya dimana ?
Ninis : Ooo..di Unhas Jurusan Sastra Jepang
K'Abdan : Fakultas ?
Ninis : Fakultas Ilmu Budaya
K'Abdan : Kapan pulang dari Jepang ?
Ninis : Bulan 1 tanggal 12 (Kata ibu, saya salah dengar, penyiarnya bertanya tanggal pulang, saya malah jawab tanggal perginya , hehe)
K'Abdan : Nah menurut kamu, Jepang itu seperti apa sih ?
Ninis : Ya kalau kita lihat jepang itu bersih, smuanya serba teratur. Trus kalo dibandingkan dengan kita di Makassar, di Jepang itu tidak begitu banyak mobil saya liad, kebanyak mreka naik sepeda.
K'Abdan : Oh gitu yah, itu kalau kita lihat secara fisiknya yah. Nah, baru-baru ini kan gempa terkena bencana, gimana perasaannya ?
Ninis : Iyah sih, saya sempat kaget, kmaren waktu di kampus dapat kabar dari adik kalo di Jepang terkena gempa dan tsunami. Tapi alhamdulillah lokasi saya dulu kan di Osaka, jadi jauh dari tempat kejadiannya di Sendai.
K'Abdan : Jepang kan terkenal dengan negara yang rawan gempa, disana sempat gak sih dapat pelatihan gempa ? Atau pernah terjadi gempa saat berada di sana?
Ninis : Alhamdulillah selama di sana saya tidak pernah merasakan gempa. Memang gedung2 di sana kebanyakan di design untuk tahan gempa, tapi yang namanya bencana kan Wallahu 'Alam semuanya atas kehendak Tuhan.
K'Abdan : Oo yah, nah menurut Ninis hikmah dan pelajaran apa yang bisa kita ambil dari bencana ini ?
Ninis : Hmm..ya di Jepang itu kan orang2nya jujur, tepat waktu, bersih, semuanya itukan perintah dari agama kita, karena itulah Allah menurunkan rahmatNya disana, negaranya bisa maju. Tapi itulah yang qta sayangkan mereka menganggap agama hanya sebagai bagian dari budaya, jadi mereka bisa melakukan ritual Buddha, Shinto, ataupun Kristen. Jadi saya rasa bencana ini sebagai Teguran bagi kita semua untuk kembali kepada ajaran yang benar, kepada Allah yang satu.
K'Abdan : Wah terimakasih, nah Ninis punya teman2 yang mau di salam2 ?
Ninis : Oh iyah, untuk teman2ku kelompok 1 yang semangat buat skripsinya, dan untuk adik2ku smangat juga buat ngejar beasiswa. Banyak kok beasiswa ke Jepang, pokoknya coba smua aja, jangan takut gagal :)
K'Abdan : Okey, smoga Ninis bisa sukses yah.
Ninis : Amiin, buat Al Ikhwan juga smoga tetap sukses :)
K'Abdan : Yah, trimakasih. Assalaamu'alaykum...
Ninis : Wa'alaykumussalam...

Yaaaaaaaaaayyyy !!! Wohooooo Yess !!! Akhirnya berakhir juga, hehehehe...
Saya langsung lari dari luar teras menuju kamar. Tak sabar saya mendengar hasil rekamannya. Ini nis, rekamnnya, tapi bagaimana caranya kasi mati?" kata ibuku. Saya lalu mengambil hape itu, dan entah kenapa otak saya langsung blenk, mungkin saking terburu-burunya, tangan saya memencet tombol lain sebelum rekaman itu tersimpan. Dan akhirnya, lenyap sudahlah rekaman itu. Huaaaaaaaaaaaahhh...sayang skali, padahal saya sangan ingin mendengarnya T__T

Tapi sudahlah, saya rekam saja pengalaman itu lewat blog ini, walaupun kata2 dan suasanyanya waktu itu tidak akan sama persis, tapi paling tidak bisa memberikan gambaran besarnya.

Huuff...ini pengalaman yang menegangkan menurutku :D
Memang saya masih merasa kurang total dalam menjawab pertanyaan2 tadi, malah ada yang gak nyambung, hahaha... :D
Tapi yah ini kan baru pertama kali, jadi tak apalah ya, skalian jadi ajang latihan ^_^
Kali2 aja di episode kehidupan ku yang lain bisa di wawancara di Televisi, hehehe (ngarepp !! ^^)


Nah, sampai jumpa pada ceritaku yang lain yah ^_^
Wassalam :)




Photobucket

2 komentar:

  1. waahhhh...sy nggak denger tuh lalu wawancaranya....tp hebat2 hebat....nanti deh kapan2 diudang lg istudio...wawancara langsung dihadapan penyiarnya...he he he.....(Al Umair-Al Ikhwan)

    BalasHapus
  2. @Al umair : Eh, ada kak umair juga nih ^^ wah...klo wawancaranya lewat telpon sj sdh mual, gimana klo di depan penyiar al ikhwan ya, mungkin bisa pingsan :D

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan jejak ya
Trimakasih...