Kamis, April 28, 2011

Salam Sapa Dari Seorang Kawan di Thailand


Maghrib tadi sekitar pukul 18.30 saya dapat panggilan tak terjawab dari no +66856261xxx. Saya merasa aneh karena nomer nya tidak biasa. "Ini nomor kartu apa ya?", tanyaku dalam hati. Beberapa menit kemudian nomer tak dikenal itu memanggil kembali. Tanpa ragu-ragu, saya menjawabnya.
Saya : Halo ? Assalaamu'alaykum...
Tapi tidak ada yang menjawab di balik telpon itu. Saya kembali mengulang dengan nada yang sedikit menekan.
Saya : Halo ??!
Dan tetap saja tak ada jawaban. Aku mulai berpikir kalau ini kerjaan orang iseng yang mau mengganggu, hingga akhirnya ku tutup teleponnya. Tapi, karena merasa penasaran dengan nomor itu, akhirnya saya mengirim sms.
Saya : Ini siapa ?
Saya berpikir kalau orang ini tidak akan membalas smsku. Maklum, biasanya kalau orang iseng kan sukanya bikin penasaran saja. Lalu, saya mencoba untuk mengecek berapa pulsa yang keluar, dan betapa kagetnya saya saat melihat bahwa biaya sms tadi seharga Rp 1.000 ??!! Wuiihh...ini pake kartu apa sih !! Sampe mahal kayak gini tarifnya, pikirku". Beberapa menit kemudian, handphone ku berbunyi tanda sms masuk. Nomor itu membalas. Dan disinilah percakapan kami dimulai : )
X       : Temannya ninis
Saya  : (Sambil bertanya besar dalam hati) Iya, temanku banyak. Namanya siapa ?
X       : Watashi ha sai desu. Thai jin desu. Shitteimasuka ? 5555
            (Saya Sai. Orang Thailand. Kenal ? Hahaha )
Nah loh, disini aku baru sadar. Kenapa kode nya berbeda (+66) bukan (+62). Ternyata temanku dari Thailand yang mengirim pesan.

Sedikit info, Sai adalah teman saya sesama penerima beasiswa program JENESYS dari Japan Foundation. Kami belajar dan menghabiskan waktu bersama-sama selama 1,5 bulan di Jepang. Dan saya membuat grup di FB khusus buat teman-teman UP冬 (Sebutan untuk program kami) agar dapat saling berkomunikasi meskipun program itu berakhir :)

Tapi, karena saat ini saya sedang fokus untuk proposal skripsi, makanya saya memutuskan menonaktifkan FB ku sementara waktu. Walaupun sebenarnya, saya lebih aktif di salah satu jejaring sosial yang bernuansa lebih islami, yaitu Facelim, hehe...Okeh lanjut ! Saya lalu membalas sms Sai dengan perasaan tak menyangka kalau dia akan menghubungiku lewat handphone...
Saya : Sai ???! Waaaah...hisashiburi desu ne. Indonesia go ga dekiru ne, sugoi 555 Saki, watashi oinori shimashita, gomen ne. Ogenki ? Chiangrai wa dou ? (Sai ???! Waaaah...lama tak bersua ya. Hebat ya bisa bahasa indonesia, hahaha. Maaf ya, tadi saya sholat dulu. Apa kabar ? Bagaimana di Chiangrai ?)

Sai : Genki desu :) Ninis ha ? Ima Thai ha meccha atsui demo ame ga futteru. Indonesia go ga dekinai. Sakki Natty ni kiita 555 nande fb nakunaru ? (Kabar baik. Kalau Ninis ? Sekarang di Thailand sangat panas, tapi sedang hujan. Saya tidak bisa bahasa Indonesia. Tadi, saya bertanya ke Natty, hahaha.....kenapa kamu menghilang di fb ?)
Info lagi : Natty adalah salah satu teman UP冬 juga, dia mewakili Australia namun sebenarnya dia orang Indonesia)
Saya : Atashi mo genki. Ronbun o kaku tame ni, FB de chotto yameta hou ga ii to omou. Moshi, ronbun wo owattara, fb ni modoru kamo...fb de minna no
UP冬 ni yoroshiku ne. (Saya juga kabar baik. Untuk menulis skripsi, saya pikir sebaiknya saya berhenti dulu sebentar di fb. Kalau skripsi saya sudah selesai, mungkin saya bisa kembali lagi...salam saya untuk teman UP冬 di fb)
Setelah mengirim sms ini, sebenarnya saya sangat berharap masih mendapat balasannya, tapi ternyata tak ada lagi balasan setelah itu. Yah, inilah sepenggal kisahku hari ini teman. Hmm, saya berharap skripsi saya bisa segera selesai dengan hasil yang memuaskan dan bisa kembali bersua dengan teman-teman UP冬 yang lain. Membawa kabar pada mereka bahwa saya sudah lulus, hehe...amiiinn :)

=========================================================

Pukul 21.23, Pondok Adelia, Makassar
Kamis, 28 April 2011 (hari dimana seminar proposalku ditunda minggu depan)

Sumber gambar :
https://jmcomms.files.wordpress.com/2015/07/studio-session-015.jpg

11 komentar:

  1. eh, nb dibawah tuh, jangan pake kata minggu depan.. lebih bagus ditunda pekan depan.. lebih Islami. hwhwhw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ririn : hehehe...iya yah, makasih masukannya jeng ^^v

      Hapus
  2. @Rendy : alhamdulillah cuma kemampuan standar tapi :D

    BalasHapus
  3. arti dari 5555 dalam bahasa thailand apaan sich???

    BalasHapus
  4. @Anonim : 5555 itu artinya "hahahaha", sebab angka 5 dalam bahasa thailand dibaca "ha" :)

    BalasHapus
  5. aih ak juga ada temen org thai tp cma bsa komunikasi lewat bhsa ing, habisnya tulisan thai itu bener2 luarbiasa *anehnya 5555 : DD

    BalasHapus
    Balasan
    1. 555 ^_^
      iya ya tulisanx, meliuk liuk :D

      Hapus
  6. mb ninis ajarin bhs thai dong :D
    Twitter : FuadXD

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ga tau juga saya klo bhs thailand, hehe...
      bahasa penghubung antara sy & teman sy diatas itu pake bhs jepang :)

      Hapus
  7. wah, tekor di pulsa kalau itu mah :)

    mba, numpang nanya kalau arti 555 dalam bahasa thailand itu apa ya? bingung saya. :)

    wasallam

    BalasHapus

Jangan lupa tinggalkan jejak ya
Trimakasih...