Selasa, Desember 28, 2010

Keutamaan Bangun Subuh & Angin Pagi Bagi Kesehatan

Manfaat dari sisi kesehatan yang dapat diperoleh seseorang jika membiasakan diri bangun pagi adalah sebagai berikut :
  1. Kadar gas ozon (O3) dalam udara pagi mencapai titik yang paling tinggi. Kadar ini akan berkurang secara berangsur hingga hilang sama sekali begitu matahari terbit. Gas ini sangat bermanfaat bagi organ-organ saraf karena dapat mengaktifkan kerja otak dan otot tubuh. Karena itu, seseorang akan mencapai puncak keaktifan pikiran dan otot-ototnya di waktu pagi. Saat menghirup udara pagi, seseorang akan merasakan kenikmatan dan kegembiraan yang tidak bisa dibandingkan dengan waktu siang maupun malam.
  2. Warna merah pada sinar fajar dapat memengaruhi urat-urat saraf, yakni membangkitkan kesadaran dan gerak saraf. Fajar mengandung sinar ultraviolet yang cukup tinggi sehingg kulit membutuhkan asupan vitamin D yang tinggi pula.
  3. Bangun pagi berarti memutus waktu tidur yang lama. Penelitian telah membuktikan bahwa orang yang tidur dalam waktu lama, dan posisi sama, mudah terserang penyakit jantung. Tidur, tidak lain hanyalah diam secara mutlak. Diam dalam waktu lama dapat mengakibatkan terjadinya pengendapan lemak pada dinding arteri koroner. Mungkin inilah salah satu hikmah yang dapat dipetik oleh orang-orang beriman yang bangun tengah malam untuk melaksanakan shalat. Seraya mendekatkan diri ke[ada Allah SWT, mereka terhindar dari penyakit pembuluh darah.
  4. Secara ilmiah, kadar hormon kortison dalam darah mencapai tingkat yang paling tinggi di waktu pagi, yakni 7-22 mikrogram / 100 mil plasma. Hormon kortison ini menyuplai energi bagi tubuh. 
Disadur dari buku "Ensiklopedia Kemukjizatan Ilmiah dalam Al-Qur'an dan Sunnah", penerbit oleh PT. Kharisma Ilmu, 2009, hal. 109-111

Sumber gambar :
http://www.borongaja.com/data_images/out/17/637194-morning-sun-on-the-field.jpg

4 komentar:

  1. alhamdulillah.. allahummahdina..

    BalasHapus
  2. mantap ijin copy biar berguna bagi yng lain,,,,, jazakumulloh,,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo, dgn senang hati :)
      Smoga manfaat..

      Hapus

Jangan lupa tinggalkan jejak ya
Trimakasih...